politik

Kaesang Pangarep Disarankan Pilih Jawa Tengah untuk Pemilihan Gubernur

BERITARECEH.COM -  Kaesang Pangarep lebih disarankan untuk mengikuti pemilihan gubernur di Jawa Tengah, di mana ayahnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo, memiliki basis dukungan yang kuat, daripada berkompetisi di Jakarta, demikian menurut seorang analis.

Kaesang, yang berusia 29 tahun, memulai karir politiknya tahun lalu dengan bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan kemudian diangkat sebagai ketua partai tersebut.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa Kaesang adalah calon terdepan dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah.

"Efek Jokowi di Jawa Tengah dapat secara signifikan meningkatkan elektabilitas Kaesang, terlepas dari usianya yang masih muda dan pengalaman pemerintahan yang terbatas," ujar Aisah Putri Budiatri dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Selain itu, tidak adanya petahana yang mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Tengah memberikan Kaesang keunggulan awal dibandingkan pesaingnya karena popularitasnya, tambahnya.

Di Jakarta, Kaesang harus menghadapi mantan gubernur populer Anies Baswedan, yang telah mengonfirmasi akan mencalonkan diri kembali, jelas Aisah.

"Tidak adanya petahana atau saingan yang sangat populer di Jawa Tengah akan mempermudah Kaesang mendapatkan dukungan dari partai-partai politik besar," katanya.

Seorang calon gubernur harus didukung oleh partai atau koalisi partai dengan setidaknya 20 persen kursi di legislatif provinsi.

Kaesang tidak dapat mencalonkan diri sebagai calon independen karena tenggat waktu pendaftaran telah lewat.

PSI mengumumkan bahwa Kaesang akan memutuskan pada bulan Agustus apakah ia akan mencalonkan diri sebagai gubernur atau wakil gubernur - baik di Jawa Tengah atau Jakarta.

Back to top button
Close